Cara Kompres Video Tanpa Mengurangi Kualitas

By | April 17, 2020

Jika kamu memiliki file video yang berukuran besar pasti akan memakan space yang besar di hardisk dan tentu akan membutuhkan waktu yang agak lama saat kita ingin unggah ke Youtube.

Apalagi sekarang harga paket internet lumayan mahal, jadi jika kita bisa kompres video tanpa mengurangi kualitas secara tidak langsung juga akan menghemat kuota internet 🙂

Salah satu software paling populer yang secara signifikan dapat mengecilkan ukuran file video tanpa kehilangan kualitas adalah Handbrake.

Software ini populer karena setidaknya ada 3 alasan :

  • Handbrake dapat mengonversi video dari hampir semua format, misalnya .wmv, .avi, .m4v, .mov, dll.
  • Handbrake gratis dan open source
  • Handbrake dapat bekerja pada Windows, Mac dan Linux

Jadi Handbrake sangat cocok untuk dipilih sebagai software yang akan digunakan untuk kompres video tanpa harus membeli lisensi yang mahal.

Pada artikel kali ini kami menjelaskan cara kompres file video untuk di upload ke Youtube pada sistem operasi Windows. File sampel video yang digunakan untuk kompres kali ini adalah dengan format .avi dan ukuran aslinya sekitar 200 MB.

Setelah kompresi ukuran file turun menjadi 4,40 MB. Format video yang dikompresi adalah MP4 karena merupakan format video yang paling didukung banyak platform di web.

Cara Kompres Video Ukuran Besar

Kita akan memulai kompress video nya ya, berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu ikuti

1. Buka browser Chrome atau Firefox lalu ketik pada address bar https://handbrake.fr/

2. Pada halaman utama HandBrake, klik tombol download Download HandBrake 1.3.1. (Kebetulan saat artikel ini ditulis versi terbarunya adalah 1.3.1, mungkin saat kamu baca ini sudah tersedia versi yang lebih update)

Download HandBrake

2. Setelah berhasil di unduh, seperti biasa kamu harus instal terlebih dahulu ya aplikasi HandBrake nya ke komputer atau laptop kamu (Disini kami tidak akan menampilkan cara instal, karena pada dasarnya hampir sama seperti aplikasi lainnya)

3. Lalu selesai instal, kamu jalankan aplikasi HandBrake. Klik Open a single video file

4. Pilih video yang ingin kamu kompress, lalu klik Open

5. Pada bagian format, pilih MP4 dan jangan lupa ceklis Web Optimized

cara kompres video

6. Buka tab Video, pada opsi Video Codec pilih H.254 (x254). Selain itu kamu juga bisa set lokasi hasil kompress video, namun kali ini kami biarkan secara default.

cara kompres video mp4

7. Lalu klik Start Encode untuk memulai kompres video

8. Tunggu sampai proses kompress selesai, biasanya memakan waktu cukup lama terutama jika file video kamu berukuran besar

cara kompres video di laptop

9. Lalu buka folder hasil kompress video, disana terlihat video hasil kompres berkurang ukurannya sangat signifikan, dari file aslinya sebesar 200MB kini hanya menjadi 8,9MB saja. Luar biasa 🙂

Melihat Hasil Kompres Video

Kurang lengkap rasanya artikel ini jika tidak membandingkan hasil video dari kompress dengan file aslinya. Karena ini penting mengingat kamu tentu tidak ingin kualitasnya justru menurun setelah di kompress.

Oleh karena mari kita lihat dengan seksama.

Hasil Kompres Video Asli

Video Asli

 

Video Hasil Kompres

Video Hasil Kompres

Kesimpulan

Bagaimana menurut kamu apakah ada perbedaan antara file video asli dengan hasil kompress? Kalau kamu penasaran, coba sendiri ya dan lihat apakah anda perbedaan dari segi kualitas videonya.

Kalau dilihat dari segi ukuran sudah jelas beda jauh sekali. Tapi sekali lagi kami sangat menyarankan kamu mencobanya sendiri dan jika kamu puas dengan hasilnya, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu ya.

Selamat mencoba 🙂

Ardian Radar verified-badge

Suka dengan Pemrograman & belajar hal baru. Ingin selalu mengembangkan skill & keahlian untuk menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *