Cara Mengecek BPOM Asli atau Palsu

By | April 16, 2020

Saat ini kita tahu banyak sekali produk – produk yang beredar dan dijual bebas di pasaran seperti misalnya produk kosmetik, kesehatan, obat – obatan, herbal, dll.

Apalagi zaman sekarang dimana semuanya serba online, iklan dan promosi produk tersebut pun kita sering jumpai di sosial media seperti Facebook & Instagram maupun di ecommerce lokal seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shoppe.

Tidak jarang juga mereka menggunakan jasa selebram dan influenser untuk mempromosikan produk melalui endorse yang membuat banyak followers yang melihat, akhirnya meraka tertarik untuk membeli dan memakai produk tersebut.

Padahal membeli produk yang sembarangan misalnya sebut saja kosmetik, selain bisa berpotensi mendapatkan produk palsu, asal membeli produk juga bisa berakibat pada efek samping yang berbahaya bagi kulit baik jangka pendek atau jangka panjang.

Maka dari itu, Pemerintah melalui Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengantisipasi hal tersebut demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

BPOM sendiri memiliki fungsi untuk menjalankan pengawasan terhadap peredaran Obat dan Makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penting untuk kita selalu waspada dan selalu hati hati terhadap apapun produk yang hendak kita beli, jangan sampai hal buruk terjadi dan apalagi kita sudah mengeluarkan uang yang tidak sedikit, tetapi justru mendapatkan produk yang belum terdaftar di BPOM.

Pada pembahasan kali ini kita akan belajar Cara Mengecek BPOM Asli atau Palsu agar nantinya kamu bisa praktekan sendiri.

Cara Mengecek BPOM Asli atau Palsu

Untuk mengecek nomor BPOM asli atau pasti, caranya cukup mudah yaitu sebagai berikut

1. Buka browser Chrome atau Firefox di laptop atau HP kamu, lalu akses http://cekbpom.pom.go.id/

cara mengecek bpom

2. Maka akan tampil halaman utama Cek Produk BPOM. Disana terdapat pilihan untuk mencari berdasarkan Nomor Registrasi, Nama Produk, Merek, dll.

Cara Produk BPOM Berdasarkan Nomor

Selanjutnya kita akan mencoba mengecek produk BPOM berdasarkan Nomor Registrasi. Kamu bisa lihat nomor registrasi pada kemasaran produk. Biasanya tertulis dengan awalan POM TR, POM MD, POM CD, dll lalu dilanjutkan dengan nomor nya.

1. Pada halama utama Cek Produk BPOM kamu bisa pilih opsi Nomor Registrasi dan Kata Kunci masukan dengan nomor yang tertera di kemasan

cara mengecek bpom asli atau palsu

2. Maka akan muncul informasi detail produk beserta nama perusahaan yang mendaftarkan

cara mengecek bpom obat

3. Sampai disini kamu sudah berhasil mengecek produk di BPOM menurut Nomor Registrasinya. Jika muncul keterangan seperti diatas berarti produk tersebut sudah terdaftar dan kamu bisa memakai produk tersebut tanpa khawatir lagi.

Baca juga : Cara Memperpanjang Masa Aktif XL dengan Mudah

Cara Produk BPOM Berdasarkan Nama Produk

Selain mengecek produk berdasarkan Nomor Registrasi, kamu juga bisa mengecek BPOM berdasarkan nama produknya. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu belum membeli produk dan hanya tahu nama produk tersebut.

Berikut ini adalah cara untuk mengeceknya :

1. Pada halaman utama Cek Produk BPOM kamu bisa pilih opsi Nama Produk dan Kata Kunci masukan dengan nama produk yang kamu ingin cek

2. Jika muncul informasi seperti diatas berarti produk tersebut sudah terdaftar secara resmi di BPOM.

Arti Kode Awalan BPOM

Sebelumnya sudah di singgung mengenai kode produk dengan awalan seperti POM TR, POM MD, POM CD. Sebenarnya semua itu ada maksud dan tujuannya.

Masing-masing awalan tersebut bertujuan salah satunya untuk memudahkan proses administrasi di BPOM.

Kali ini kita akan melihat perbedaan dari masing – masing kode awalan produk tersebut agar kamu bisa membedakan antara produk yang satu dengan yang lainnya :

  • CA : Kode awalan untuk produk kosmetik dengan tanda notifikasi
  • NA : Kode awalan untuk produk kosmetika atau obat yang dijual secara online
  • SD : Kode awalan untuk produk suplemen produksi dalam negeri
  • SI : Kode awalan untuk produk suplemen Impor
  • CD : Kode awalan untuk produk kosmetik dalam negeri
  • CL : Kode awalan untuk produk kosmetik impor
  • TR : Kode awalan untuk produk obat tradisional produksi dalam negeri
  • TI : Kode awalan untuk produk obat tradisional Import
  • MD : Kode awalan untuk produk makanan yang di produksi dalam negeri
  • ML : Kode awalan untuk produk makanan luar (import)

Kesimpulan

Itulah uraian mengenai Cara Mengecek BPOM Asli atau Palsu. Jadi kini kamu bisa mengecek sendiri setiap produk yang kamu beli apakah produk tersebut benar secara resmi terdaftar di BPOM atau tidak.

Dengan begitu kita bisa terhindar dari hal buruk yang tentunya tidak kita harapkan bersama. Apalagi saat ini BPOM sudah menyediakan website sebagai media informasi yang bisa dengan mudah kita akses untuk mengetahui secara cepat dan akurat tentang produk.

Namun apabila kamu membutuhkan informasi lebih lanjut terkait BPOM kamu bisa menghubungi :

BADAN PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN REPUBLIK INDONESIA
Jalan Percetakan Negara Nomor 23
Jakarta – 10560 – Indonesia
Telpon : +6221 4244691 / 42883309 / 42883462
Fax : +6221 4263333
SMS : +6281 21 9999 533 (SMS)
Email : [email protected], [email protected], [email protected]

Ardian Radar verified-badge

Suka dengan Pemrograman & belajar hal baru. Ingin selalu mengembangkan skill & keahlian untuk menjadi lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *